Tepuk Tangan untuk kita: Penutupan Fasilitas Download dan Upload Data Siswa

Posted by LeonnieFM at 9:18 PM

Kami baru saja membuka situs Diknas di mana sebelumnya kami dapat dengan bebas mengunduh data siswa lengkap, kini bukan saja hanya tersedia data yang telah dihilangkan sebagian (tanpa alamat dan tempat/tanggal lahir), tapi juga telah muncul sebuah pop-up bertuliskan:

Mohon maaf fasilitas download data siswa secara online real time
telah ditutup. Selanjutnya mohon menghubungi Kantor Dinas
Pendidikan Kota/Kabupaten setempat untuk melakukan verifikasi dan
validasi data siswa dimaksud. Mohon maaf atas ketidaknyamanan
layanan online ini.

Ttd.
Admin Dapodik



Di halaman muka situs itu juga tersedia pengumuman ini:

Pengumuman

Penutupan Fasilitas Download dan Upload Data Siswa

Berkenaan dengan berakhirnya jangka waktu upload pemutakhiran data siswa (NISN) dan sekolah (NPSN) per 1 Oktober 2008 dan proses verifikasinya. Seiring juga dengan masukan dari masyarakat terkait dengan kerahasiaan data maka fasilitas download dan upload detil data siswa secara online real time ditutup. Khusus upload data siswa dapat dilakukan hanya untuk tingkat 1, 7 dan 10.

Untuk selanjutnya bagi para sekolah, siswa dan para orangtua siswa yang berkepentingan melakukan pemantauan validasi dan verifikasi detil data terkait dapat dilakukan secara offline melalui Kantor Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten setempat. Adapun untuk segala masukan dan laporan masyarakat terkait dengan validitas data siswa dan sekolah dapat disampaikan langsung ke Kantor Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten di wilayah kerja masing-masing.

Mohon maaf atas ketidaknyamannya pada layanan online ini dan mohon senantiasa peran aktif masyarakat untuk memantau ketersediaan data pokok pendidikan agar selalu akurat dan valid untuk masa depan online kemajuan pendidikan Indonesia.

Ttd
Admin Dapodik


Berita ini adalah berita terbaik dalam minggu ini sehubungan dengan blunder Diknas dan data NISN siswa-siswi Indonesia yang sudah mulai kami protes sejak Sabtu, 10 Oktober 2008 setelah membaca posting di blog Treespotter.

Masih ada beberapa hal lain yang perlu sama-sama kita check dan awasi untuk beberapa saat ke depan, namun saat ini mari kita berikan tepuk tangan yang meriah untuk kita semua. Untuk suara yang kita buat secara bersama-sama.

Tepuk tangan untuk Treespotter, Fajar Jasmin, Budi Putra, Pitra Satvika, Avianto dan juga Khalid Mustafa, yang dengan daya upaya masing-masing menyuarakan hal ini.

Tepuk tangan juga untuk semua blogger yang masing-masing tulisannya telah ikut menjadi suara bagi keinginan kita melindungi anak-anak Indonesia dari berbagai kemungkinan buruk yang dapat tercipta karena data yang sedianya online.

Tepuk tangan untuk semua pengelana maya di Plurk dan Twitter juga semua anggota mailing list apapun yang bersedia untuk bersuara dan meneruskan suara-suara kami.

Dan tak kalah penting, mari beri tepuk tangan untuk Dapodik dan Diknas untuk keterbukaan mereka atas kritik dan langkah kongkret yang dilakukan.

Tepuk tangan untuk kita semua karena kita minggu ini telah berbuat sesuatu untuk Indonesia kita yang tercinta.

15 comments:

Khalid Mustafa said...

Terus terang saya agak terharu dengan kejadian minggu2 ini.
Amat jarang blogger bisa bersatu seampuh ini dalam satu permasalahan.
Juga amat jarang institusi pemerintahan yang peduli "hanya" dengan protes dunia maya.
Dan amat jarang sebuah permasalahan di dunia pemerintahan dapat langsung diselesaikan dalam tempo "yang sesingkat-singkatnya"

Saya setuju dengan penulis, Mari Tepuk Tangan untuk Kita Semua.
Dan masih ada PR besar berikutnya, yaitu bagaimana menjaga data tersebut dengan baik dan tidak terjadi kecurangan.
Juga dana-dana Depdiknas yang tahun depan "katanya" akan dinaikkan 20% dari total anggaran negara, amat sangat rentan terhadap penyelewengan.

Mari buat pemerintahan yang bersih dengan kontrol dari dunia maya. Mari jadikan bogger komunitas terdepan untuk itu :)

LeonnieFM said...

@khalid,
Ya, mari saat ini kita bertepuk tangan untuk kebersamaan kita, untuk kepedulian kita.
Hal ini seharusnya menjadi bukti bagi kita semua bahwa kekuatan jaringan sungguh2 bisa digunakan untuk sesuatu yang baik. Kita memang bukan siapa2 jika kita sendirian, namun saat kita bersatu, sesuatu yang baik dapat terjadi.
Terima kasih untuk anda juga. Salut.

ario saja said...

we..we... ini apakah karena tekanan banyak pihak yah??

Kopi Tribulus said...

Yang benar pasti akan menang dan yang bathil pasti akan kalah.... HIDUP BLOGGER!

Adriano Emino said...

Kebutuhan kita akan informasi terbaru tidak bisa lagi dipenuhi dengan kondisi seperti ini. harus ada perubahan mendasar pada mental aparat

jaket kulit wash murah said...

hal yang utama untuk berkunjung menikmati postingan artikel yang memang bermanfaat seperti blog ini,, terima kasih admin

bisnis indonesia said...

salam blogger

bisnis properti said...

semoga membantu

investasi online said...

belajar investasi terbaik
http://www.investasijutawan.com

jaket kulit Asli said...

new things and new experiences visiting this blog see mya blog jaket kulit asli.. I really like the articles and posts written on this blog thanks admin

jaket kulit garut said...

menjadi suatu cerminan dan banyak pengetahuan berkunjung ke blog ini dan menarik untuk di baca terima kasih admin

toko jaket kulit said...

The first thing to visit this blog is useful information and add our insight and knowledge for us all thank you admin..toko jaket kulit visit my website

jual jaket kulit said...

add insight into a broad and obtain useful information thanks admin.http://jualjaketkulit.co.id visit back my website

jaket kulit murah said...

banyak tempat untuk menambah pengetahuan yang bermanfaat, seperti berkunjung ke website ini terima kasih admin..jaket kulit murah kunjungan balik

jaket kulit pria said...

tidak bisa kita pungkiri lagi setiap blog memberikan berita yang bermanfaat dan berguna bagi semua yang berkunjung. kunjungan balik yah