Hentikan: Data Siswa Indonesia online!

Posted by LeonnieFM at 8:41 AM

Note: Posting ini terus diupdate sesuai perkembangan.

Saya mendapat berita ini lewat Fajar Jasmin melalui jaringan Twitter-nya; Treespotter. Dan saya secara dengan antena was-was yang tinggi terpancang, meneruskan berita ini kepada pembaca sekalian:
Departmen Pendidikan Nasional Republik Indonesia telah menyediakan secara online data 36 juta sekian pelajar Indonesia. Data lengkap dalam format XLS berisi nama siswa, nomer induk dan alamat tinggal. Seperti kedua penulis terdahulu, saya tidak akan memberikan tautan kepada depdiknas dan data tersebut dengan alasan yang sama.
Saya bersama Fajar Jasmin pagi ini telah mengunduh salah satu file tersebut dan menemukan bahwa memang benar terisi data-data siswa seperti tersebut di atas.

Anak-anak saya memang [belum] terdaftar dalam data tersebut, namun saya juga tidak akan berhenti mengusung masalah ini sampai pihak terkait berbuat sesuatu atas kondisi ini.

Jika anda peduli akan keselamatan anak anda yang bisa jadi terdaftar bersama di sana, saya mohon, suarakanlah berita ini kepada komunitas anda. Jangan biarkan tangan-tangan tak bertanggung jawab memiliki akses untuk menyentuh anak-anak kita. Jangan biarkan negeri ini menjadi tanah impian bagi penculik dan peleceh anak.

Saya tidak ingin bersikap negatif, namun saya yakin bahwa anak-anak sudah layak dan sepantasnya mendapat perlindungan maksimal dan dijauhkan dari pertukaran data secara tidak perlu seperti yang dilakukan oleh Depdiknas. Jika dalam pandangan Depdiknas, data itu perlu dipertukarkan, maka sudah seharusnya mereka memikirkan cara yang jauh lebih aman dan sepatutnya agar hanya dapat diakses oleh yang sungguh-sungguh berkepentingan.

Berita asal:
Update: Jim Geovedi menulis soal fakta ini di bulan April 2008! Dan menambahkan update soal privasi setelah tulisan-tulisan di atas dimuat.

Update, reaksi lain dari blogosphere:
12 Oktober 2008:
Saya pribadi turut berterima kasih kepada Pitra Satvika yang telah ikut bersuara lantang dan menuliskan e-mail langsung kepada salah satu petinggi Diknas untuk menyampaikan kekhawatiran akan tersedianya data tersebut dan kemungkinan penyalahgunaannya. Terimakasih juga kepada Boy Avianto yang telah mengirimkan SMS kepada jaringan terkaitnya dan ikut bersuara menentang kesembronoan Diknas.

Beberapa suara yang muncul lewat ranah micro-blogging membuat saya gatal:
- Pemberian tautan situs Diknas dan contoh data terunduh: Jika dikatakan tanpa tautan dan contoh file; kami disebut pembohong dan penyebar isu: Pertama saya katakan, kami sudah melakukan verifikasi atas keberadaan data & keabsahannya. Kedua, pahami dulu inti permasalahannya sebelum anda melontarkan ucapan apapun! Kami menyuarakan ini agar data tersebut ditarik dari situs Diknas bukan ingin menyebarluaskannya!

- Data tersebut tidak 100% valid: saya tidak peduli bahkan jika hanya ada 1 nama yang datanya bisa diverifikasi benar. Inti dari semua protes ini adalah keberadaan data pribadi yang secara bebas dapat diunduh adalah suatu pelanggaran. Pelanggaran terhadap privasi, suatu ketidak patutan yang sangat tidak etis, yang kemudian dapat berdampak bagi keselamatan anak-anak yang belum memiliki kemampuan membela diri.
Beberapa rekan blogger saya mendapati nama anak-anak mereka tercantum di sana. Data mereka valid.

Saya protes akan cara berfikir dan kebijakan yang dipakai oleh Diknas sehingga mereka menempatkan data-data tersebut secara online dan dapat diunduh. Apapun argumentasi mereka, sudah selayaknya TIDAK berada di atas keamanan anak-anak kita.
Dengan demikian saya juga menentang mereka yang beranggapan bahwa jika data itu hanya sebatas nama & alamat dan bukan nomor rekening bank adalah tidak perlu diperdebatkan. Maka saya tidak akan menjawab dengan bagaimana saya bermodal nama lengkap seseorang bisa muncul di depan hidungnya lengkap dengan pengetahuan akan gaya hidup dan aktifitasnya. Saya lebih baik mengatakan bahwa orang yang beranggapan demikian lebih baik menyibukan diri untuk mencari cara menteleport dirinya ke abad 21 daripada hidup di jaman batu.

-Mengapa harus kita yang repot?: Karena yang paling utama adalah hal ini menyangkut anak-anak kita. Manusia-manusia yang akan meneruskan semua warisan kita dan akan membangun negeri ini. Manusia-manusia yang lahir dari kita semua dan belum mampu membela diri mereka sendiri. Dan jelas sudah, departemen yang seharusnya membantu kita mendidik mereka dan melindungi mereka dalam tahun-tahun pendidikan formal mereka-lah yang justru telah dengan sangat ceroboh menempatkan keamanan mereka dalam posisi yang sangat rentan.
Seberapapun lelahnya kita akan kondisi bangsa dan pemerintah kita, sikap untuk bungkam dan tidak mau tahu tidak akan membawa bangsa ini kepada titik yang lebih baik. Dan perlu saya garis bawahi bahwa sikap bungkam dan tidak mau tahu itu akan memberi kontribusi tambahan kepada rentannya keamanan anak-anak kita.

Suarakan dukungan anda, gunakan media apapun yang anda pilih. Suarakan hingga data itu tidak tersedia lagi secara terbuka.

----------------------------------
13 Oktober 2008:
DetikInet ikut menulis di situsnya tentang ramainya perbincangan dan protes terhadap Diknas oleh para blogger. Tulisan saya, tresspotter dan Budi Putra ikut dikutip. Semoga berita ini terus bergulir hingga sebuah langkah kongkret oleh Diknas dibuat.

Jam 3 sore terima berita dari Pitra Satvika lewat Plurk, bahwa situs di mana data itu bisa diunduh sudah tidak dapat diakses. Pastinya hanya sementara, tapi semoga setelah situs itu online kembali, data yang kita protes keberadaannya telah lenyap. Saya juga berusaha masuk ke sana dan tidak bisa.

DetikInet rupanya juga punya tulisan terkait dengan yang sudah disebutkan di atas berisi tanggapan Kepala Pusat Infomasi dan Humas Diknas Muhajir. Beliau mengatakan, keputusan untuk menyediakan jutaan data privasi tersebut dilatarbelakangi dari adanya Undang-undang Nomor 14 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Dan artikel ditutup dengan pernyataan tambahan sang humas yang bunyinya:
"Tapi ini kan masih sebatas kekhawatiran, sudah terbukti belum? Kalau sudah terbukti silahkan diinformasikan, kami di diknas siap menampung keluhan,"
OOOOOOOOOOOOO wait, pak! Membela diri berbekal UU nomer sekian saja saya tidak terpesona karena untuk apapun kebijakan dibuat dan apapun dasarnya, sudah layak dan sepantasnya tidak luput dari memperhatikan kaedah-kaedah seperti privasi apalagi sampai menjudikan keselamatan anak-anak. Ditambah dengan bicara soal bukti? Pak, saya tadi sudah meninggalkan komentar yang saya jamin sopan dan dimulai dengan ucapan terimakasih. Berhubung komentar yang dimoderasi harus bergaya tabloid picisan (seperti komentar kedua saya yang malah dipasang) maka saya coba tulis ulang disini tapi maaf saya sudah tidak bisa bersikap sopan apalagi berterimakasih untuk tanggapan bapak di Senin yang panas ini:
  1. Kebijakan setengah-setengah dan tanpa perhitungan sangat menunjukan kaliber anda dan kementrian yang anda huni. Ya, saya juga bicara termasuk untuk data yang dihapus setengah (alamat, tempat tanggal lahir) sore tadi.
  2. Seperti layaknya teknologi yang kementrian anda miliki itu, lidah juga adalah alat pak. Kalau salah pakai bisa kacau hasilnya. Kalau tidak mengerti bagaimana memakai dengan layak, sebaiknya bapak belajar lagi dulu.
Demikianlah terakhir saya berhasil masuk kembali ke situs Diknas dan berhasil mengunduh lagi data siswa yang kini telah bersih dari alamat dan tempat-tanggal lahir. Apa saya puas? TIDAK! Data itu harus tidak lagi tersedia terbuka! Data itu harus hilang dari jejak mesin pencari. Titik.

UPDATE:
Penutup seluruh blunder di atas adalah tepuk tangan untuk kita semua. Berita baik dengan ditutupnya akses mengunduh dari situs Diknas oleh admin Dapodik pada tanggal 15 Oktober 2008 boleh membuat kita berbangga atas suruh daya upaya kita dan tanggapan Diknas yang relatif cepat. Bravo!


90 comments:

Boodeznee said...

Leonnie, my son's name is there! I've checked.

Untungnya bagi siswa apa sih namanya tercantum disana? Baca websitenya tujuannya cuma agar tidak terdapat data dobel. Emangnya gak bisa datanya disimpan aja di databasenya Depdiknas?

Nanti gue bikin postingan juga ya di blog gue.

LeonnieFM said...

@Desny, ouch.. I don't like the fact that your son's name is there, for this particular issue.

Siswa sudah bisa dipastikan tidak mendapat keuntungan apa-apa dari data itu.

Jika Diknas tidak menginginkan terjadi data dobel itukan homework orang2 yang sudah dapet job-desc untuk cross check. Ada sistem yang mereka bisa bikin/pakai untuk mendukung proses cross-check itu. Bukan dengan sembarangan diletakan di situs terbuka dan bisa di-download. Apalagi membuka peluang kemungkinan penyalahgunaan data oleh orang2 tidak bertanggung jawab.

Please spread the news, jeng.. we need your help.

Anonymous said...

I am so going to post about this on my blog. this is just crazy.

Unknown said...

Makasih atas infonya, pejabat Depdiknas yang membuat program ini pada awalnya sudah membaca informasi ini, dan sekarang sedang menindaklanjuti laporannya.

Info lengkap, silakan baca juga di:

http://khalidmustafa.info/?p=492

Asik Sekali..™ said...

mudah2an cepet kelar, masalahna.. amin (worship)

Anonymous said...

bayangkan nanti pada saat mereka sudah cukup dewasa, dan sudah memiliki bank account sebesar trilliunan rupiah!!! pada saat itu, yg punya akses tsb, tgl minta sama customer service bank tsb utk memblokir/mentransfer ke rekening org tsb deh! kan tinggal konfirm data2 yg ada tsb.. hehe.. sukur2 yg punya rekening tersebut datanya (calon) Presiden RI (dan para menteri serta pejabat tinggi lainnya pada saat itu..) ...JACKPOT BABY!!!

wah, data yg sangat berguna sekali (..mungkin tidak sekarang, but sooner or later!)

(so dumb, isn't it!)

Boodeznee said...

Leonnie, sekarang website-nya diknas itu udah gak bisa dibuka lagi.

LeonnieFM said...

@yeah: thanks tuk doanya, mari kita terus suarakan ini sampai Diknas mencopot data itu dari sistem online mereka dan Google menghapus jejak2nya.

@sdh di download: Yes it is dumb. Dan saya sudah berhenti membayangkan apa saja hal2 negatif yang bisa terjadi krn tangan org2 tak bertanggung jawab.
Sekarang saya lebih fokus menyuarakan agar data tersebut cepat2 ditarik sebelum semakin banyak otak2 kreatif berfikir apa saja yang mereka bisa lakukan terhadap data2 itu dan mencelakakan anak2 kita sekarang dan di masa depan.
Dibantu ya...

Terima kasih sudah mampir.

LeonnieFM said...

@desny... yay to that!!
I got the message from my plurk fellas too.
let's hope after it is accessible we won't find the data still sitting there.

Anonymous said...

saya masih bisa download data-data tersebut sama mudahnya seperti waktu pertama kasus ini terdengar

*serius*

Anonymous said...

sorry ngga baca updatenya euy. datanya emang masih bisa didownload dengan alamat dengan tanggal lahir, tempat lahir, dan alamat yang dihapus

*nutup muka pake brown bag*

Anonymous said...

Nama sodara q ada disana toh, apa mereka tidak enkripsi tu data sebelum dibuat terbuka di internet? File XLS kan bisa mereka passwword supaya gak di cache jaringan.

Apa sih pikiran diknas, memang keren amet yah dengan NISN semua data jadi terpusat, dan informasi bisa keliaran dan di cache search engine, ternyata tim di DEPDIKNAS dodol juga yah ..

ARA said...

bravo!!!
hidup blogger indonesia!!!

viv energy drink said...

Sekarang saya lebih fokus menyuarakan agar data tersebut cepat2 ditarik sebelum semakin banyak otak2 kreatif berfikir apa saja yang mereka bisa lakukan terhadap data2 itu dan mencelakakan anak2 kita sekarang dan di masa depan.
Dibantu ya...

Agung Prasetyo said...

Tanggapan yang bagus. Saya suka...

Bisnis Online

safe and healthy said...

Waduh gawat kalau sampai kena spammer, untung udah diperbaiki

In Articles said...

Jika Diknas tidak menginginkan terjadi data dobel itukan homework orang2 yang sudah dapet job-desc untuk cross check.


Visit:
Free Articles Directory & List Articles Directory

Bisnis Internet said...

Secepatnya harus ditindak lanjuti jika ada masalah - masalah yang membahayakan generasi penerus kita, jangan sampai generasi penerus kita menjadi korban atas kelalaian oknum-oknum tertentu,,, Save Our Nation

loan counseling said...

Thank's bro atas infonya

loan counseling said...

Ok deh bro, mudah2an bisa di hentikan

aaa designer handbags said...

I think its a pretty good idea not that there aren't other sites out there that already do something similar but I think it might catch on here pretty well.
exotic louis vuitton bag
fake louis vuitton damier neverfull
fake louis vuitton duffle bag
fake louis vuitton firebird purse
fake louis vuitton fox tails
fake louis vuitton foxtail

askep said...

diknas lagi diknas lagi
emang bikin pusing diknas sekarang ini

watch hellcats
watch jersey shore episode
watch vampire diaries online

belanja said...

Pendaftaran siswa melalui sistem online emang banyak merepotkan orang tua wali murid..

Hentikan sekarang juga
Ezaa
toko online | belanja online | jual beli

tips diet said...

Ini jelas memberikan kemudahan akses bagi para penculik anak!
kalau perlu laporkan ke komnas anak karena ini menyalahi privasi anak2 kita!

happy Blog said...

Yup setuju, kayaknya kalo online dari segi keamanan sangat kurang deh, namanya aja online, datanya bisa aja di comot dari manapun selama masih ada i-net...Tinggal pinter2 an aj...

Toko Online said...

Gua sepakat ma komentar Leonnie " Siswa sudah bisa dipastikan tidak mendapat keuntungan apa-apa dari data itu. "

Soalnya pasti banyak siswa yang males buat nglihat...

free weight loss pills said...

Niche Info gan :D

Jurnal Manajemen said...

saya perlu adanya batasan privasi masalah itu

karena bisa saja data datanya di contoh untuk kepentingan yang melanggar hukum seperti kasus gayus mengambil paspor orang

Foredi said...

thx for sharing this

Verifikasi PayPal said...

Semoga sharingnya bermanfaat ya. Salam
Bisnis 2011
Obat Kuat
Ejakulasi Dini
Obat Kuat
Internet Marketing

Hosting Murah

Cewek said...

Gua Menghargai banget pendapat loe, pasti bakal gua pake ni insipirasi loe..

Movie Trailer
Download Musik
Top News

cerita dewasa said...

Maksih infonya juragan, semoga masalahnya cepat terselesaikan....

khonmanrak said...
This comment has been removed by the author.
iklan baris said...

memang sangat disayangkan.

jasa seo murah said...

hebat postingannya :)

diet sehat said...

setuju , mari lindungi anak2 kita ya :)

Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah said...

smoga kedepannya menjadi lebih baik dn semakin baik lagi.

sbobet said...

asyik nih om, makasih banyak ya... :D

jasa ekspedisi said...

mampir nich dari jaksel...

Jasa SEO said...

Ya bagus itu, mending distop aja, masak data siswa dipublish begitu ya...

hendri oo said...

Nice post! Thanks for sharing! and I really enjoy reading your post.
Make Money Online
Bisnis Internet
Healthy Life

kopi said...

klo ngga salah datanya sekarang sudah dihapus....congratulations! kopi tribulus

Anonymous said...

peluang usaha sembako
usaha sembako
usaha sembako dirumah

Anonymous said...


peluang usaha sembako


usaha sembako


usaha sembako dirumah

forex said...

sekarang lagi marak jual ijazah instan .. payah saya dulu capek kuliah 4 tahun sekrang malah ada ijasah di jual bebas

Anonymous said...

voucher hotel murah di rajakamar.com
voucher hotel murah di rajakamar.com

Jasa SEO said...

thanks very much for explanation

tiendas eroticas said...

Quite useful information, much thanks for this post.

Arung Jeram Magelang said...

Postingannya cukup jeli, gak pernah berpikir sampai disitu saya sebelumnya
thanks infonya...

Jasa SEO said...

Tulisannya pendek tapi padat gak bikin pusing yang baca.

Thanks bro

gambar desain rumah said...

makasih informasiny

SEO said...

“Congratulations Leonnie! Thank you so much for taking the time to share this exciting information.”

Sewa Mobil said...

Nice Artikel,Semoga bisa ada solosinya

Lowongan Kerja 2013 said...

alo muanya para diknas, klu pengen cari info Lowongan Kerja gabung aja disini

Bwin368 Agen Judi Terpercaya said...

wah manteeb join ya boss AGEN JUDI TERPERCAYA

BWIN368

MASADIK said...

mantapppppe??????????
Seo mywapblog

dimas said...

kunjungan :)

ayu said...

oke

toko jaket kulit said...

info nya sangat berkualitas sukses trus yahh toko jaket kulit murah

Jual Jersey Grade Ori said...

mudah2an cepet kelar, masalahna.. amin (worship)

jual kotak makanan said...

Diknas hmm.. semoga menjadi lebih baik jual kotak makanan dompet hp

Website Designer said...

Berita yang mengejutkan. Semoga pemerintah kita selalu berbenah untuk jadi lebih baik dan lebih baik lagi.

Konsultan ISO said...

Peranan lembaga training dan konsultan sangat di butuhkan bagi pemerintah saat ini :
1. Training ISO
2. KOnsutan ISO

Jasa Pembuatan Website said...

Makasih atas infonya, pejabat Depdiknas yang membuat program ini pada awalnya sudah membaca informasi ini, dan sekarang sedang menindaklanjuti laporannya. - salam difacomsolusindo.ocm

Website Designer said...

Setuju, dan mudah-mudahan segera ditindaklanjuti oleh pihak yang berwenang. Agar sistem pendidikan di Indonesia menjadi jauh lebih baik dari sekarang.

Lukis Dinding said...

Yuk kita sama - sama wujudkan suatu program yang bermanfaat dan bernilai, kamipun ingin berbuat seperti yang saat ini kami lakukan :
1. Jasa Lukis Dinding
2. Jasa Lukis Dinding Jakarta
3. Lukis Dinding Murah
4. Jasa Lukis Dinding kamar Anak
5. Lukis Mural
6. Lukis Dinding SEkolah

Obat Amandel said...

majulah indonesiaku !

Ratih said...

Lagi bljr memasuki dunia blogging nih, thx alot sangat menginspirasi bung :D

Ryztha said...

Harus ada tindakan nih..

Furniture Online Murah said...

Kok bisa seperti itu ya?...data lengkap bisa diakses semua orang. Memang baik untuk transparansi. Tetapi ada efek negatif dibalik data2 yang tersebar dan bisa diakses siapapun, apalagi terhadap orang yang ingin berbuat kejahatan. Salam Super !!

Melandas Indonesia said...

keren gan thanks

furniture jakarta
sewa crane jakarta
geotextile indonesia
jasa pembuatan logo
geogrid
geosynthetic indonesia
ternak lovebird

Service Kursi Kantor & SparePart said...

Service dan Reparasi kursi kantor, sofa, sparepart, hidrolik, armrest, footbase, kaki bintang, mekanis, Loundry. Terima perbaikan di tempat

Service Kursi Kantor & SparePart said...

Service dan Reparasi kursi kantor, sofa, sparepart, hidrolik, armrest, footbase, kaki bintang, mekanis, Loundry. Terima perbaikan di tempat. Terima Reparasi sofa JABODETABEK

Tempat Sabun Cair Murah said...

Tempat Sabun Cair terlengkap, furniture dan mebel

obat tbc kelenjar said...

Semangat!!

Obat Perangsang Wanita said...

terima kasih atas partisipasinya teman

Alat Bantu Sex said...

Artikel Yang Bagus Semoga aja bermanfaat

Obat Pembesar Penis said...

Salam kenal teman
Saya Sangat senang Bisa Berkunjung Di Sini.....

Obat Perangsang Wanita said...

Pokoke sip deh gan

distributor jaket kulit said...

the info in this blog gives a good note and make visitors feel at home visiting the blog this one

wisata bromo said...

mantab kang
bromo guide

jasa seo indonesia said...

thanks infonya, harusnya data tersebut dijadikan privacy karena khawatir akan digunakan untuk hal-hal yang tidak baik, saya mendukung untuk tidak lagi menampilkan data siswa online di dunia internet, thanks.

jasa seo jakarta

Unknown said...

This is the game is played so great. Invite you to experience it interesting things there.
strike force heroes 4 | red ball | slitherio
gun mayhem 2 | c an your pet | happy wheels
You can receive or send emails to friends and colleagues as well as easy access to the application the Microsoft website. Let's create a separate account for her right now.
gmail sign in | gmail login
sign in to hotmail | log in to hotmail

download lagu said...

ikut berkomentar bred.

bandartogelterbesar said...

this is what im waiting for.. for real and so true.. you're finally make it through dude.. im so proud of you.. here some achievement reward that im gonna give it to you.. let's check it out Cara Pasang Togel

totojitu said...

keren mas buat infonya dan salam sukses selalu

istanaimpian2 said...

semoga sukses terus gan buat usahanya

dingdongtogel said...

Kabar Baik Untuk Para pencinta Game Karena di Bulan januari ini Sudah keluar Game RPG Online Terpopuler Se-Asia Penasarankan Game nya Seperti apa??? Kalian bisa dilihat game nya dari link di bawah yaaa

fun88login said...

artikelnya sangat bagus, terima kasih telah membagi informasi tersebut

majutoto said...

Yah begitulah, backlink dari google ini memang perlu untuk kita kejar dan kita dapatkan